Jumat, 06 November 2009

Bentuk Kekuasaan Menurut French dan Reven

Bentuk Kekuasaan Menurut French dan Reven

  1. Coercive Power.

Suatu ketika saya pernah diperintahkan oleh ketua saya di organisasi untuk melakukan suatu pekerjaan, padahal waktu itu saya sedang dalam keadaan capek, tetapi mau tidak mau saya tetap harus menjalankan perintah itu.

  1. Insentive Power.

Ketika waktu SMP saya pernah bergabung dalam organisasi Pramuka, dan ketika itu saya diperintah oleh senior saya untuk melakukan Long Mars (jalan jauh) dengan imbalan saya akan dinaikkan pangkat menjadi Passus (pasukan khusus).

  1. Legitimate Power.

Ketika sewaktu SMA saya pernah ditilang oleh Polisi karena saya dianggap telah melanggar peraturan oleh Polisi tersebut. Ketika saya tanya tentang kesalahan saya, ternyata motor saya hanya menggunakan satu spion saja.

  1. Expert Power.

Sewaktu saya memeriksakan diri saya ke Rumah Sakit dan ternyata saya divonis oleh Dokter terkena gejala Tifus yang mengharuskan saya di opname di RS. Padahal waktu itu saya merasa biasa-biasa saja, namun orang tua saya tetap memasukkan saya ke Rumah Sakit untuk di opname.

  1. Rifferent Power.

Saya pernah memiliki seorang kenalan teman yang menurut saya dia memiliki karisma yang begitu hebat. Dan waktu itu saya berharap bisa menjadi seperti dia, yaitu dengan cara mengikuti perilakunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar